Tanggal Hari Ini : 21 May 2018 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
Bangkrut Berkali-Kali, Ini Resep Agar Tak Terulang
Rabu, 07 Maret 2018 02:12 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Sebagai jurnalis, pengelola Majalah Wirausaha dan Keuangan, dan juga praktisi bisnis, saya menemukan banyak pengalaman berwirausaha, dan bertemu dengan para pelakunya. Ada yang sukses dan bersemangat berbisnis, ada yang terseok-seok, dan ada yang bangkrut.
Dalam sejarah bisnis orang-orang sukses, bangkrut adalah keniscayaan, sesuatu yang pernah terjadi dalam perjalanan bisnisnya. Tetapi cara menyikapi kebangkrutan setiap orang berbeda-beda. Ada yang kapok dan berhenti dengan pengalaman getirnya. Tetapi ada yang terus bersemangat dan mencari peluang lain, berbekal pengalaman ‘gagal’nya.
Pebisnis sukses juga selalu belajar dan belajar, sehingga menemukan cara dan system bisnis yang tepat bagaimana mengelola usahanya dengan baik. Cara dan system itu kadang ditemukan dari pengalamannya sendiri mengelola usaha, dan juga dari cara dan pengalaman orang lain. Dengan demikian terus belajar adalah kebiasaan yang harus ditumbuhkan bagi semua orang pewirausaha jika tidak ingin bangkrut lagi.
Satu lagi yang paling penting. Menjaga kepercayaan. Banyak orang yang jatuh bangkrut menggadaikan kepercayaan bahkan kehilangan kepercayaannya. Padahal kepercayaan adalah mata uang yang tidak akan pernah hilang meskipun dalam kondisi terpuruk sekalipun.
Banyak pengusaha yang sedang terpuruk menghilang dari peredaran, sulit dihubungi, dan enggan melego asset atau kekayaan yang dimiliki untuk membayar hutang, dan memilih menjaga citranya, dengan konsekuensi kehilangan kepercayaan dari orang lain. Ia memilih tak kehilangan apapun, tetapi justru yang paling penting telah hilang, kepercayaan.
Kepercayaan adalah mata uang abadi, dan modal terpenting dalam bisnis.

bangkrut, strategi menjadi pebisnis sukses

Sayangnya kepercayaan ini seringkali jadi kata manis untuk diucapkan dan lupa dipraktekkan. Banyak orang memilih menciderai kepercayaan, dan kehilangan kepercayaan.
Berapa kali bangkrut bukanlah masalah. Karena risiko bisnis memang demikian. Tetapi jangan sampai kehilangan kepercayaan. Karena kepercayaanlah alat pendongkrak untuk bangkit kembali.
Dalam banyak hal, begitu banyak bermunculan para pewirausaha sukses yang berbekal kepercayaan. Namun sebaliknya begitu banyak pewirausaha yang hancur karena kehilangan kepercayaan.
Apa resep agar tak bangkrut berkali-kali? Jagalah kepercayaan, karena kepercayaan itu dapat merajut bisnis dengan siapapun dan kapanpun.

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari