Tanggal Hari Ini : 23 Nov 2017 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
Tahun Baru Apa yang Harus Dilakukan Agar Omzet dan Laba Usaha Terus Meningkat?
Selasa, 24 Januari 2017 04:14 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Tahun baru sudah didepan mata.  Berbagai perubahan juga terjadi menghadapi tahun 2017 ini. Biaya listrik meningkat, biaya  operasional  kantor juga  makin bertambah.  Jika biaya operasional dan lainnya makin besar, mau tidak mau omzet dan keuntungan di tahun 2017 mendatang harus semakin banyak. 

Sebagai pemilik usaha, kita dituntut memahami proyeksi-proyeksi yang terkait dengan bisnis kita, diantaranya adalah proyeksi omzet, dan proyeksi laba usaha. Untuk mendapatkan gambaran mengenai proyeksi omzet dan laba usaha kita juga harus mengetahui gambaran produk, biaya produksi dan biaya operasional.
Penting bagi pemilik usaha UKM untuk mengetahui harga-harga bahan baku yang menjadi dasar perhitungan omzet, dan besaran biaya operasional yang dibutuhkan. Karenanya, setiap pemilik harus memiliki wawasan dan pengetahuan tentang pengadaan barang. Contohnya, jika anda memiliki usaha kuliner rumah makan bebek goreng misalnya, maka untuk mendapatkan proyeksi omzet dan laba yang pas, anda harus mengetahui dan dapat menyusun harga perkiraan pembelian bahan-bahan, seperti daging bebek, bumbu dan biaya operasional lainnya. Termasuk menghitung biaya tenaga kerja, bunga bank jika anda menggunakan kredit modal dari perbankan.
Anda harus memiliki lebih banyak refensi dan data mengenai sumber pembelian dan harga yang paling efisien. Jika anda mampu menyusun proyeksi-proyeksi tersebut diatas dengan tepat, anda akan lebih mudah mengetahui adanya kendala atau dukungan yang perlu diberikan dalam bisnis anda, termasuk menentukan strategi dalam berhadapan dengan segmentasi pelanggan dan persaingan.
Penting bagi anda untuk memahami referensi harga, memahami perhitungan harga satuan, memahami komponen-komponen biaya, memahami analisis titik pulang pokok usaha, memahami apa yang disebut fixed cost, variable cost, cara mereduksi berbagai biaya menjadi lebih efisien, dan lain sebagainya. Saatnya para pengusaha UKM harus melek bisnis, bukan sekedar berjualan yang tidak tahu usahanya merugi atau untung.

Tahun Baru, Apa yang Harus Dilakukan Agar Omzet dan Laba Usaha Terus Meningkat

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari