Tanggal Hari Ini : 21 Sep 2017 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
Mengelola Rumah Makan Swalayan
Senin, 23 Januari 2017 08:57 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Apa yang anda bayangkan ketika datang ke sebuah rumah makan? Melihat daftar menu, pesan, dan menunggu hingga pesanan anda siap dihidangkan?

Di Rumah Makan ini, Rumah Makan Ampera 2 Tak yang berada di Jalan Raya Cikini, Jakarta Pusat, anda harus rela menjadi pelayan bagi diri anda sendiri. Menyiapkan piring sendiri, mengambil nasi, lauk pauk, hingga sayur mayurnya.
Takaran berapa banyak nasi yang anda inginkan, terserah. Mau tambah nasi berkali-kali juga tak masalah. Satu orang dihitung satu porsi. Hanya lauknya saja yang dihitung tersendiri. Ada ikan goreng, empal, ayam goreng, belut, ikan asin aneka jenis, tahu/tempe hingga aneka jeroan juga tersedia.
Rumah makan ini juga menyediakan aneka lalapan sebagai teman makan. Ada daun kemangi, selada air, pete, baik pete mentah maupun yang sudah digoreng atau direbus. Juga tersedia bermacam-macam pepes, mulai dari pepes teri, pepes tahu, ayam, ikan mas dan jamur. Semua tersedia siap disantap sesuai selera. Bagi yang doyan sambel, di setiap meja sudah tersedia sambel terasi, rasa dan aromanya sangat menggugah selera.
Menyantap makanan di rumah ini, hampir sebagian besar pengunjung menggunakan tangan, tanpa sendok. Jangan khawatir, di sini tersedia banyak wastawel untuk cuci tangan.
Makan sambil bergaya juga bisa semaunya, seperti layaknya makan di serambi rumah sendiri, tanpa ada yang merasa risih karenanya.
Rumah makan Ampera 2 Tak ini memiliki suasananya yang khas Cianjuran. Tempatnya terbuka, dengan penataan lauk pauk yang rapi. Buka 24 jam nonstop, rumah makan menyediakan aneka lauknya yang empuk, rasanya seakan pas bagi siapa saja yang menikmatinya.

rumah makan Ampera, Mengelola  Rumah Makan Swalayan, Sistem bisnis rumah makan yang baik

Rumah Maka Ampera, dimana Pelanggan mengambil sendiri menu makanan yang mereka inginkan layaknya mereka berbelanja di Swalayan


Soal harga, bisa dibandingkan. Harganya murah dan tak mengecewakan. Sebagai ilustrasi aneka lauk harganya berkisar Rp12.000 – Rp15.000 per potong. Menurut Komar, pengelola rumah makan Ampera 2 Tak ini, rumah makannya bisa didatangi pelanggan sebanyak 500 hingga 3000 pengunjung setiap hari. Terlebih jika hari sabtu atau minggu, pelanggan terpaksa harus antri.


Mengelola dengan Remote Kontrol
Mengelola rumah makan yang memiliki sistem operasional yang benar, serasa menjalan usaha dengan remote kontrol. Mudah dan menyenangkan. Pelanggan mengambil sendiri makanan yang diinginkan, tinggal dihitung berapa jenis dan jumlah lauk, sayur, serta minuman yang dihabiskan. Kasir akan menghitung berapa anda akan membayarnya.
Meski dikelola secara sederhana, kasir telah menggunakan mesin hitung untuk melayani pembayaran anda. Dengan mesin kasir ini memungkinkan pemilik usaha dapat mengontrol omzet, mencegah kebocoran, dan menentukan dengan cepat data-data penjualan.
Selain itu, di ruangan yang lain, pengelola dapat mengamati CCTV untuk mengontrol pelanggan yang datang, mengontrol menu yang diambil pelanggan, dan juga memonitor pelayanan. Hal ini dilakukan karena rumah makan ini mempersilakan pelanggan untuk mengambil menu sendiri, semua dilakukan secara swalayan.
“Kami memonitor semuanya melalui CCTV ini,” ujar suami dari Eis Mariyati ini.
Menurut Komar, usaha yang dikelolanya ini harus dapat bersaing dengan rumah makan lainnya. Jika rumah makan yang lain lebih senang menampilkan tampilan yang modern, ia justru memilih tampilan yang sederhana dengan menu tradisional yang khas rumahan.
Meskipun penampilan outletnya sederhana, namun pengelolaan usaha harus memiliki sistem. Tanpa sistem manajemen operasional yang memadai, maka bisnis akan sulit dikontrol, dan kehacuran hanya akan tinggal menunggu waktu.

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari