Tanggal Hari Ini : 21 Sep 2017 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
Wanita, Berinvestasilah
Kamis, 08 Desember 2016 04:43 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Wanita Indonesia, dalam struktur keluarga sering disebut sebagai ‘bendahara rumah tangga’, yang mengatur keuangan keluarga. Kesalahan dalam membelanjakan dan mengatur keuangan keluarga bisa berakibat fatal. Hidup foya-foya disaat muda, namun miskin disaat tua.

Salah satu kiat penting jurus menyelamatkan masa tua adalah memiliki kecerdasan finansial sejak muda. Seorang wanita dalam rumah tangga bukan saja ‘bendahara’ tetapi juga seorang kreator. Penting bagaimana seorang wanita bukan saja membelanjakan uang yang diperoleh keluarga untuk dikelola dengan baik, tetapi juga menciptakan peluang-peluang baru agar kekayaan keluarga semakin bertambah. Upaya tersebut dapat dilakukan dengan membuat usaha/bisnis, atau melakukan investasi.
Wanita dalam keluarga yang memahami cara meningkatkan penghasilan keluarga biasanya cerdik melakukan kegiatan investasi. Berbeda dengan pengeluaran yang digunakan untuk konsumtif, pengeluaran investasi bersifat produktif. Semakin cerdas wanita dalam keluarga melakukan investasi semakin besar peluangnya di masa mendatang mendapatkan potensi penghasilan pasif. Penghasilan pasif adalah penghasilan yang diperoleh dari sumber-sumber usaha atau investasi yang dilakukan sebelumnya.
Banyak jenis usaha dan investasi yang bisa dikembangkan untuk meningkatkan kekayaan keuangan keluarga, antara lain : Investasi di deposito atau reksadana pasar uang. Namun potensi keuntungannya relative kecil, berkisar 6% per tahun. Jika inflasi meningkat, mungkin anda tidak untung di sini. Investasi di saham. Investasi dengan membuat usaha bersama rekan-rekan yang dikelola professional, atau memiliki saham di usaha patungan, membuka usaha waralaba, dll. Investasi di saham diperusahaan terbuka juga sangat dimungkinkan. Jenis investasi lainnya, yaitu investasi di asset-asset fisik seperti emas, batu permata, bahkan tanah kapling atau property. Dengan pengetahuan yang memadai investasi di asset-asset fisik tersebut juga akan memberikan keuntungan yang menggiurkan.

Wanita,  Berinvestasilah, Investasi emas, mengapa emas, prediksi harga emas, strategi investasi yang menguntungkan

Selain property, emas adalah jenis investasi yang menguntungkan jika dilakukan dalam jangka panjang. Posisi harga emas yang stabil dan cenderung stagnan saat ini merupakan momentum yang sangat baik untuk membeli emas (batangan) sebagai sarana investasi.
Prinsip berinvestasi di emas adalah : membeli masa depan dengan harga saat ini. Itu artinya, emas harus digunakan sebagai sarana investasi jangka panjang, bukan jangka pendek.

Mengapa Emas?
Pergerakan harga emas menjadi alasan tepat sebagai alat instrument investasi. Para ibu-ibu dengan cara tradisional telah menjadikan emas sebagai salah satu instrument investasi yang cukup menguntungkan, alasannya selain harganya yang terus meningkat, emas juga mampu menjaga nilai asset agar tidak menurun. Selain itu emas sangat fleksibel untuk diuangkan kembali jika sewaktu-waktu diperlukan.

Mempridiksi Harga Emas
Agar para wanita aman berinvestasi emas, baiknya paea wanita juga memahami cara mempridiksi harga emas di masa mendatang. Ada dua cara yang dapat didekati untuk memperkirakan harga emas di masa mendatang sebagai alat dan instrument investasi. Pertama dengan menggunakan alat analisa teknikal, dan kedua menggunakan alat analisa fundamental.
Analisa teknikal adalah teknik analisis yang digunakan untuk memprediksi trend harga emas berdasarkan perlaku harga emas di masa lampau, dan analisis fundamental adalah metode analisis yang didasarkan pada fundamental ekonomi. Teknik ini menitik beratkan pada rasio finansial dan kejadian - kejadian yang secara langsung maupun tidak langsung berpengaruh pada harga emas.
Untuk melakukan analisis tehnikal dapat dijabarkan dengan membandingkan setiap pergerakan harga emas setiap tahunnya. Misalnya tren harga emas dari tahun 2000 hingga 2010, akan diketahui bahwa harga emas terus meningkat sangat siginifikan.
Sementara untuk analisa fundamental terhadap harga emas dapat didekati dengan mengumpulkan fenomena-fenomena yang mempengaruhi terjadinya perubahan dan situasi ekonomi yang mempengaruhi harga emas, misalnya terjadinya krisis Brexit, resesi ekonomi di Eropa, kebijakan mata uang oleh The Fed, dan lain-lain. Di dalam negeri kondisi krisi politik dan keamanan sangat berpengaruh dalam harga emas. Krisis kemananan dan ketertiban memacu para pelaku pasar uang berburu emas (flight to quality) sebagai instrument alternatif (save haven).
Jadi mulai hari ini, wanita harus melek investasi. Agar hidup dan keluangan keluarga semakin sejahtera.

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari