Tanggal Hari Ini : 21 Sep 2017 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
Berkomunikasi dengan Pelanggan
Selasa, 07 April 2015 07:52 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Berbisnis bukan sekedar jual beli, berbisnis adalah membangun relasi dan kepercayaan.  Pandangan ini dikemukakan oleh pakar komunikasi bisnis,  Steven Coy, yang menulis bahwa komunikasi merupakan ketrampilan dan skill yang sangat penting dalam menjalankan bisnis karena menyangkut seni meyakinkan orang lain.  

Pelanggan sebenarnya memiliki banyak pilihan untuk menentukan produk dan jasa yang diinginkan, tetapi penyedia produk dan jasa yang memiliki tenaga penjual yang memiliki karakter  berkomunikasi yang baik yang akan memenangkannya.

Sebuah gerai fashion, yang ditata rapi, memiliki interior yang baik dan menarik dengan pencahayaan yang baik, serta adanya seorang sales yang komunikatif, murah senyum, memiliki pengetahuan tentang dunia fashion yang memadai, berwawasan luas, dan sebagainya, cenderung direspon sangat positif oleh pelanggan. Penataan gerai yang menarik adalah komunikasi bisnis, demikian juga dengan staf sales yang menarik, murah senyum dan komunikatif juga sebuah komunikasi bisnis.

Komunikasi bisnis yang tepat melahirkan respon positif, dan inilah cikal bakalnya lahirnya sebuah kepercayaan dari pelanggan.

Apa yang harus dipersiapkan dan dilakukan oleh seorang pebisnis agar usahanya maju dan berkembang?

Pertama, carilah seorang karyawan yang memiliki skill komunikasi yang menyenangkan. Mereka memahami cara komunikasi efektif, namun bukan yang suka berbicara bertele-tele.  Ia cerdas menginformasikan apa yang diperlukan, dan mampu menjelaskan dengan sedetail-detailnya, namun tidak suka melambung-lambungkan pembicaraan.

Strategi Usaha, Berkomunikasi dengan Pelanggan,

Kedua, karena calon pelanggan adalah orang yang akan menjadi mitra anda, maka hargailah mereka dengan penghargaan setulus-tulusnya. Sapalah dengan sapaan yang baik, dan dengarkan apa yang diinginkan dan diperlukan.

Ketiga, berilah informasi tentang kualitas barang dan harga yang tepat dan benar. Berikan juga rincian harga dengan tingkat kualitas yang diperlukan. Semakin banyak informasi yang mereka dapatkan, akan memberikan rasa percaya diri bahwa usaha anda adalah mitra yang tepat. Jangan ragu-ragu untuk menyampaikan bahwa mereka dapat sewaktu-waktu menghubunginya untuk mendapatkan penjelasan.

Keempat, pelanggan pada prinsipnya ingin mendapatkan harga termurah dengan kualitas terbaik, tetapi kepercayaan akan dinomorsatukan. Kepercayaan akan memberikan rasa nyaman untuk mengambil keputusan bahwa anda adalah mitra yang tepat.

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari