Tanggal Hari Ini : 21 Sep 2014 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
Jurus Kepepet Kornelia Laurensia
Jumat, 05 Oktober 2012 14:34 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Kepepet berbisnis. Itu sebuah ke-sengajaan yang dilakukan Kornelia Laurensia (28). Saat usianya masih sangat muda, ia sudah berani berbisnis. Bagaimana tidak kepepet, ia meninggalkan pekerjaan bagus, sebagai corporate secretary di sebuah perusahaan ternama, hanya untuk satu hal, ingin berbinis sendiri. Berbisnis sendiri, tentu bukan pilihan yang bulat ia pilih saat itu. Tetapi dengan menciptakan dirinya kepepet ia memperoleh energy yang lebih besar untuk memulai usaha. Lauren, demikian ia akrab dipanggil, menciptakan ‘dorongan’ sendiri dari dalam dirinya, agar memiliki keberanian untuk memulai usaha.

Bekal itu (untuk berwirausaha) sebenarnya telah cukup. Pengalaman sebagai business project administrator di perusahaan tempat bekerja terdahulu telah ia dapatkan. Ia juga pernah bekerja sebagai senior marketing di perusahaan lain yang berbeda. Alumnus SD-SMP Bunda Hati Kudus, Jakarta Barat, yang melanjutkan sekolah di SMU Notre Dame, kemudian kuliah di English Studies at Rima College, Kuala Lumpur, dan melanjutkan lagi di Bachelor of Business Administration di University of South Australia, Adelaide, South Australia ini, meski telah mengantongi banyak pengalaman kerja toh ia masih juga gamang memulai usaha. Menurutnya, semakin banyak pengalaman semakin takut memulai usaha.

Jurus kepepet ia mainkan. Ia keluar dari pekerjaannya, dan mencoba berbisnis sendiri. Dengan modal hanya Rp40juta hasil tabungan yang ia kumpulkan, Lauren membangun sebuah usaha penjualan peralatan bagi usaha bengkel, Macs, di Yogyakarta, sebuah kota, yang ia sendiri baru untuk tinggal di kota ini. Ini juga ‘jurus kepepet’ lain yang dimainkan Lauren. Sembari berjualan peralatan bengkel, Lauren juga menjadi konsultan bagi pemilik bengkel dalam hal pemasaran dan pengelolaan usaha bengkel. Di sinilah pengetahuan dan pengalam Lauren tertempa.

Melihat potensi bisnis bengkel dan salon mobil yang sedemikian besar, Lauren mengubah dan memperluas haluan bisnis, dari Macs yang hanya menjual peralatan bengkel dan konsultan pemesaran, untuk terjun langsung mendirikan bengkel dan salon mobil, yang kemudian ia ubah namanya menjadi Macsauto. “Saya harus memulai sendiri, dengan modal sendiri, bahkan harus rela jauh dari orangtua untuk memulai bisnis, “ujar pendiri Macsauto yang kini memiliki gerai lebih dari 15 ini. Tentu banyak yang bertanya, mengapa wanita yang putih mulus, bak bintang film ini mau terjun ke dunia perbengkelan dan salon mobil yang notabene adalah pekerjaan dunia lelaki? Ini. Lagi-lagi, juga jurus lain yang dimainkan Lauren.

Menurutnya, bisnis bengkel dan salon mobil memiliki prospek yang bagus. Tren jumlah mobil di Indonesia juga terus meningkat, jumlah mobil bagus dan mahal semakin banyak. Ini menandakan bisnis bengkel dan salon mobil memiliki pasar yang sangat besar. “Pemilik mobil bagus dan mahal pasti ingin mobilnya terawat dengan baik,” ujar Lauren. Apa kiatnya agar memiliki keberanian berbisnis, seperti yang ia lakukan? “Ketika memulai bisnis, saya tidak banyak berfikir. Tetapi saya cepat-cepat mencoba dan melakukan agar saya dapat segera memahami dan menjalankan bisnis ini,” cetusnya.

Dalam mengembangkan bisnis, Lauren berpegang pada tiga hal. Pertama harus menciptakan bisnis, kedua membentuk system bisnis, dan ketiga tahap mengembangkan bisnis. Ia memilih mengembangkan bisnis bengkel dan salon Macsauto ini dengan pola lisensi. Dengan pilar pemikiran tiga hal itulah, Lauren membangun organisasi bisnis, dengan merekrut tim manajemen ope-rasional, trainer, tim marketing lisensi, dan tim supporting. Nama Macsauto kini dapat sejajar dengan perusahaan besar di bidang yang sama, dengan layanan yang lebih variatif di bidang otomotif khususnya jasa perawatan kendaraan, seperti Rainbow Snow Wash, Auto Detailing Salon, Paint Protection, Rust Protection, Spooring Balancing, Oil Service, Aksesories, dan Interior Seat Cover.

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari