Tanggal Hari Ini : 21 Sep 2017 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
Pentingnya Kreatifitas Bagi Seorang Pebisnis
Rabu, 23 Mei 2012 11:15 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Kreatifitas adalah senjata pertama bagi seorang pebisnis dalam mempertahankan dan mengembangkan  sebuah bisnis. Kreatifitas tidak akan pernah berhenti, dan harus terus dilakukan.Henky Eko Sriyantono, atau yang biasa dikenal dengan Cak Eko terus mengembangkan kreatifitas dan bisnis-bisnis baru, dari Bakso Malang Kota Cak Eko, kemudian merambah ke bisnis soto, kemudian bisnis laundry, hingga ke gerai buah-buahan dan es kelapa muda dengan berbagai rasa.

Semua, yang semula hanyalah bisnis kaki lima dikemas menjadi bisnis yang elegan dengan memberikan sentuhan kreatifitas yang tinggi pada setiap produk bisnis yang dibuat. Bakso Malang, misalnya dikemas lebih modern dengan penampilan produk dan  gerai yang ‘layak’ memasuki mall dan pusat-pusat perbelanjaan, demikian juga dengan soto, dan bissnis lainnya.Bagi Cak Eko, seperti yang dituturkan kepada Majalah Wirausaha dan Keuangan, kreatifitas seorang pebisnis jangan sampai berhenti. Ia telah membuktikannya. Karena kreatifitas itulah rohnya para pebisnis.

Menciptakan Image Positif  

Dalam berbisnis dikenal dengan strategi menciptakan image positif baik terhadap brand, produk, dan layanan. Seorang Hendy Setiono mampu menciptakan brand yang kuat tentang makanan kebab dari Turky, dan meski bisnis kebab turky menjamur dimana-mana brand Kebab Turky Baba Rafi yang diusung Hendy tetap dikenal oleh masyarakat.

Lantas bagaimana dengan pemain kebab turky yang lain? Apakah harus memiliki strategi yang sama? Anda kini memiliki banyak ragam kreatifitas bisnis brand kebab lain yang dilakukan, antara lain dengan menyajikan rasa yang berbeda, harga yang lebih terjangkau, atau layanan bisnis yang lebih murah bagi mitra dan investor. Tentu ini adalah kreatifitas-kreatifitas yang terus tumbuh diantara mereka. Jika kreatifitas terus tumbuh dan ditumbuhkan, bukan tidak mungkin akan muncul brand-brand baru yang mewarnai bisnis serupa.Demikian juga pemain bisnis fried chiken yang kian hari kian bertambah banyak, dan aneka jenis bisnis lain. Kuncinya, setiap pebisnis yang muncul tanpa kreatifitas maka kehadirannya akan digulung oleh zaman.  

Ingin mengetahui betapa kreatifitas menjadi panglima dalam berbisnis? Seorang investor property mengambil alih bisnis property dari rumah sederhana dengan harga Rp70juta per unit yang berada di kawasan sangat strategis di Jakarta. Ia membeli 200 unit rumah sederhana yang sudah tidak dilanjutkan lagi pembangunannya karena tidak laku terjual. Seorang kreator property tersebut merobohkan rumah-rumah sederhana tersebut dan membangunnya dengan konsep disain dan tata ruang baru sehingga terlihat elegan dan modern, dengan luas rumah yang sama ia menawarkan harga rumah menjadi Rp300juta per unit, dan anehnya dalam waktu tidak kurang dari 6 bulan rumah tersebut habis terjual. Betapa dahsyatnya pentingnya kreatifitas dalam bisnis ini diperlukan.

Masih ingat bagaimana pengusaha gedung-gedung bioskop yang tidak cepat bermetaformosa mengahadapi zaman ketika era TV melanda Indonesia? Mereka mati pelan-pelan, juga pebisnis warnet yang tak berubah, atau kios sembako yang tak mau menyesuaikan dengan zaman ketika begitu banyak alfamart dan gerai ritel lainnya datang disetiap jengkal di dekat rumah kita?

Kini kita tengok satu demi satu bisnis yang kita tekuni, apakah telah beradaptasi dengan zaman dan ada kreatifitas bagi para pengelolanya? Jika tidak, siap-siap saja zaman akan melupakannya. Tengok pula, betapa usaha-usaha besar terus mendorong para manajemen dan pengelolanya untuk  terus mengembangkan kreatifitas dan melakukan inovasi-inovasi setiap saat. Sebuah usaha tanpa inovasi, berarti mati.

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari