Tanggal Hari Ini : 21 Sep 2017 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
Apa yang Harus Disiapkan Saat Mengikuti Pameran Dagang ?
Rabu, 23 Mei 2012 09:42 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Di Jakarta dan di daerah-daerah kini event-event pameran dagang sering dilakukan. Bagaimana agar memperoleh manfaat dari pameran dagang yang diikuti?          

Mengikuti pameran dagang, baik diajak sponsor sebagai mitra binaan, atau mengikuti secara swamandiri dengan biaya sendiri harus disiapkan dengan baik agar hasilnya dapat optimal. Hal ini karena pameran dagang tersebut merupakan salah satu sarana memperkenalkan produk dan jasa yang anda jual langsung kepada masyarakat, sehingga masyarakat mengetahuinya. 

Sebelum mengikuti pameran, tetapkan tujuan yang anda inginkan saat akan mengikuti pameran dagang tersebut, hal ini karena banyaknya event pameran serupa yang banyak diselenggarakan sehingga anda dapat memilih event yang tepat, serta lokasi pameran yang diinginkan, apakah ingin mengikuti pameran di Jakarta Convention Centre, di Jakarta Fair, atau pameran-pameran dagang lainnya yang juga dilakukan secara periodik di gedung-gedung kantor pemerintah atau mall-mall di Jakarta.

Berikut langkah yang dapat anda lakukan untuk mempersiapkan pameran tersebut. Pertama, siapkan produk anda dengan baik, jika perlu anda membawa produk-produk dalam acara pameran tersebut, pastikan anda mencatat segala keperluan yang diperlukan sebelum berangkat dan jangan sampai tertinggal. Bahkan anda harus mengecek daftar yang perlu dibawa dan mensimulasikan apa yang akan ditampilkan dalam pameran tersebut. termasuk mendisan stand dengan baik dan menarik, menyiapkan contoh produk, informasi produk, dll.

Kedua, siapkan sumber-sumber informasi yang tepat bagi pengunjung di pameran tersebut. Anda tidak akan dapat menjelaskan secara langsung kepada para pengunjung yang jumlahnya dapat mencapai puluhan dalam waktu bersamaan. Anda perlu brosur, leflet-leaflet kecil, kartu nama yang mencantumkan dan dapat menjelaskan secara singkat produk apa yang anda jual kepada para pengunjung. Pastikan brosur, leaflet dan katu nama yang anda buat mencukupi untuk pengunjung selama 2-3 hari atau selama anda mengikuti pameran. Sebagai informasi pameran dagang yang diadakan di Jakarta Convention Centre, Senayan, Jakarta dengan waktu 3 hingga 4 hari bisa dikunjungi sebanyak 5000 hingga 10.000 pengunjung per hari. Jika memungkinkan siapkan juga foto-foto dalam satu album besar yang memuat kegiatan dan produk/jasa yang anda jual agar dapat dilihat oleh pengunjung.

Ketiga, siapkan penjaga stand yang mumpuni dan memahami produk anda. Siapkan beberapa orang, mungkin 2 hingga 4 orang untuk stand ukuran 3-4 meter, karena setiap pengunjung yang datang pada hakekatnya ingin memperoleh layanan yang ekslusif. Jika memungkinkan anda menunjuk seseorang yang mampu memberikan otoritas dan memutuskan deal-deal bisnis sesuai dengan yang anda arahkan.

Keempat, buatlah informasi yang mampu menarik pengunjung yang ‘berkeliling-keliling’ untuk memasuki stand anda, misalnya dengan mencantumkan diskon khusus terhadap produk-produk yang anda pajang dalam acara tersebut, atau melakukan demo, informasi serta kegiatan lain yang menarik. Dalam sebuah pameran penjualan alat memasak, stand yang melakukan demonstrasi penggunaan alat memasak secara atraktif ternyata banyak dikunjungi oleh pengunjung.

Kelima, percepat closing dan deal bisnis. Dalam sebuah pameran dagang, anda dan team anda dituntut memiliki kecepatan dalam mengambil keputusan. Jika anda memasarkan sebuah lisensi produk atau jasa, anda sebelumnya telah menyiapkan form atau formulir keminatan, kuitansi, serta dokumen-dokumen lain yang disiapkan, termasuk jika harus dilakukan pembayaran Down Payment secara tunai pada saat acara berlangsung agar anda mampu mengikat pelanggan anda dengan cepat.

Keenam, buatlah daftar pengunjung. Setiap pengunjung yang datang sejogyanya dapat anda siapkan daftar pengunjung yang memuat data mengenai nama lengkap, alamat lengkap, nomor telepon, faks, email, serta kesan dan pesannya. Data-data ini akan sangat penting jika anda akan memfollowup bisnis yang akan anda kembangkan kelak, dan juga melihat profil pengunjung di stand anda.

Ketujuh, berilah penghargaan setiap pengunjung yang datang. Karena mereka adalah tamu anda, yang ingin mengetahui produk dan jasa yang anda miliki secara detail. Jangan mengabaikan atau menyepelekan tamu yang datang, bisa jadi mereka adalah prospek potensial anda. Selamat mengikuti berbagai pameran.

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari