Tanggal Hari Ini : 23 Nov 2017 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
Bisnis Es Salju Hawaii
Rabu, 02 Mei 2012 12:06 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Es serut dengan warna-warna yang menarik menarik, begitu lembut dan halus seperti salju.  Masyarakat di Hawaii dan Jepang sangat menyukai es serut ini, apalagi jika musim panas tiba.  Jika di Hawaii dan Jepang ada, tentu potensi bisnis di Indonesia juga terbuka lebar.

Saat ini es serut di Indonesia, serutannya relatif masih kasar, kebersihannya kurang terjamin karena bahan es serut yang digunakan adalah es balok yang terbuat dari air dengan kadar hygienitas yang kurang dapat dipertanggungjawabkan. Es balok sebenarnya hanya digunakan untuk pendingin/pembeku, namun banyak yang dibuat sebagai bahan es serut. Demikian juga dengan sirup atau pemanisnya. Tidak jarang pemanis yang digunakan adalah pemanis buatan dengan bahan pewarna yang seharusnya bukan digunakan untuk makanan.

Di Indonesia es serut banyak disukai oleh anak-anak, padahal di luar negeri, es serut salju selain anak-anak orangtua juga sangat menyukainya.Melihat fenomena ini, pemilik gerai Sweet & Soup Shaved Ice meluncurkan produk es salju, layaknya es salju yang dijual di Hawaii atau Jepang. Menurut Henson Burhan, konsultan Sweet & Soup Shaved Ice, konsep es salju Hawaii sebenarnya adalah es serut tetapi disajikan secara sehat dan professional.

Berbeda dengan es serut  yang sekarang ada, Es Salju Hawaii ini dibuat dengan peralatan yang canggih, serta sumberdaya manusia yang professional sehingga terjaga kebersihannya, serta menggunakan pemanis dan pewarna alami.“Kami menggunakan sirup dari sari buah alami dengan bahan dasar sirup yaitu  menggunakan fructose atau pemanis dari buah dengan kadar gula yang tidak tidak tinggi sehingga aman dikonsumsi anak-anak dan penderita diabetes,” ujarnya.

Untuk menjaga hygenitas, es yang digunakan sebagai bahan Es Salju Hawaii harus membuat es sendiri dengan bahan baku air kemasan, yang benar-benar berkualitas.Dengan standarisasi yang terjaga tersebut, Es Salju Hawaii dalam satu mangkok dapat dijual seharga Rp7000 hingga Rp24.000. Besarnya harga tergantung dari variasi dan rasa yang diinginkan oleh pelanggan.

Saat ini variasi rasa yang disediakan Sweet & Soup Shaved Ice terdapat 13 varian. Adapun rasa yang paling banyak diminati adalah rasa strawberry dan mangga. Untuk memikat pelanggan, lanjut Henson, es serut yang disajikan menggunakan gelas plastik yang didesain khusus oleh Sweet & Soup Shaved Ice.

Setelah dilaunching pertama kali tahun 2009, kini  Sweet & Soup Shaved Ice sudah memiliki cabang di Mall of Indonesia, Supermal Karawaci, dan di Dunia Fantasi,  Taman Impian Jaya Ancol. Dalam sehari di masing-masing lokasi tersebut bisa terjual rata-rata 50 mangkok per hari.

 

Tepat di Space Outdoor

Setelah dipelajari oleh team Sweet & Soup Shaved Ice, penjualan es serut dengan konsep di luar ruangan ternyata lebih diminati pelanggan dari pada di dalam ruangan.Akhirnya untuk memperkenal brand Sweet & Soup Shaved Ice pada masyarakat luas serta memberikan peluang usaha kepada orang lain, tahun 2010 Sweet & Soup Shaved Ice menawarkan kerjasama dengan pola kemitraan kepada masyarakat Indonesia.“Konsep yang kami tawarkan adalah penjualan dengan space outdoor seperti di sekolah, minimarket, tempat hiburan, dan sebagainya,” lanjut Henson.

Adapun syarat menjadi mitra, menurut Henson, calon  mitra harus memiliki space berjualan di lokasi yang strategis, dengan luas minimal 2x2 meter, karyawan 2 orang, dan membayar investasi sebesar Rp30juta.  Adapun bahan dan alat yang diperoleh adalah, both,  peralatan, gelas dan bahan baku, traning karyawan hingga mahir, brosur-brosur untuk mendukung  promosi, serta asistensi pengelolaan usaha.

Sesuai dengan polanya kemitraan yang dikembangkan, saat ini tidak dikenakan franchise fee, hanya saja para mitra diwajibkan untuk membeli sirup dan gelas khusus kepada Sweet & Soup Shaved Ice.“Sirup ini tidak dijual bebas, sehingga para mitra harus membeli kepada pemilik merek. Sedangkan gelas khusus yang digunakan juga spesifik. Namun karena  kami membeli dalam jumlah banyak, maka harga di kami jauh lebih murah,” cetusnya.

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari