Tanggal Hari Ini : 21 Sep 2017 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
Untung Rugi Modal Sendiri
Rabu, 02 Mei 2012 10:53 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Jika memulai usaha pasti hal pertama yang dipikirkan adalah modal. Padahal modal dapat diperleh dari berbagai sumber. Bisa dari pencarian tabungan, penjualan asset ataupun pencairan piutang. Keuntungan yang diperoleh bila menggunakan modal sendiri, kita tidak perlu membayar bunga. Keuntungan 100 persen dinikmati sendiri, manajemen bisa konsentrasi kepada operasional usaha.  Namun kerugiannya, karena modal sendiri maka dana yang tersedia untuk usaha terbatas, skalanya juga terbatas, dan hasil yang diperoleh juga terbatas.

Bisnis dengan modal sendiri terkadang juga ada kendalanya. Menurut Mega Satria, Head of Business Devolepment Sampoerna Microfinance, kendala yang sering dihadapi pengusaha dengan modal sendiri biasanya manajemen usahanya statis, semangat dan motivasi usaha yang kurang, tingkat hasil usaha yang rendah, kurangnya semangat memupuk asset sebagai jaminan pembiayaan, dll. Pengusaha juga minim network, tiadanya review usaha dan kualitas usaha secara professional, dan lain-lain.

Untuk mengembangkan modal, salah satu yang dilakukan pengusaha adalah dengan cara meminjam dana pada bank. Namun ada beberapa tantangan yang sering dihadapi oleh pebisnis pemula saat meminjam pada bank,  seperti bank kurang percaya pada usaha yang baru dijalankan karena belum mengetahui bagaimana keuntungannya, bank juga kurang percaya pada pengusaha muda, atau pengusaha yang baru berdiri, dan lain-lain.  “Untuk mendapat kepercayaan bank, maka seorang pebisnis harus memahami bagaimana cara pembiayaan, menunjukkan kualitas manajemen usaha dan keuangan yang baik, serta memiliki network dengan bankir,”tutur Mega.

Sementara, Thomas Airlangga,  Vice President Credit Operation HSBC, mengungkapkan, peluang memperoleh modal usaha cara cepat adalah dengan mencari dan memperoleh modal dari Angel Investor.Menurut Thomas, banyak pengusaha sukses yang awalnya memperoleh dukungan 100 persen dari seorang Angel Investor. Mereka, lanjut Thomas, tidak menuntut apa-apa, yang diperlukan hanya komitmen menjalankan bisnis.

Seorang Angel Investor biasanya memiliki insting dan feeling bisnis yang bagus, serta memiliki kepekaan terhadap risiko bisnis. Karena beberapa pengetahuan dan kelebihan itulah biasanya seorang Angel Investor mengetahui mana bisnis yang prospektif, dan mana yang bukan, termasuk besarnya risiko yang akan terjadi.

 Cara Mencari Angel Investor

Angel Investor sebenarnya cukup banyak. Tinggal bagaimana kita memiliki kepekaan menemukan seorang Angel Investor yang potensial, serta bagaimana cara mendapatkan kepercayaan memperoleh modal usaha dari seorang Angel Investor?Menurut Thomas, cara cepat mendapatkan Angel Investor adalah dengan cara memasuki personal network  mereka.“Biasanya mereka memiliki group sendiri,  yakni para pengusaha. Dengan memasuki lingkungan personal network mereka maka akan banyak informasi mengenai Angel Investor,”ujar Thomas.

Thomas menambahkan,  agar Angel Investor tertarik dengan bisnis kita,  buatlah proposal yang menarik mengenai usaha yang akan dijalankan. Buatlah tim yang kuat serta berikan gambaran yang jelas bahwa usaha  tersebut merupakan good business opportunity.

Bila kita sudah menemukan Angel Investor, maka kita dapat melakukan kerjasama tanpa prasyarat yang rumit, tetapi ada syarat penting yang harus dijaga, yaitu jujur dan konsisten. “Bila kita tidak jujur sulit bagi kita untuk mendapat kepercayaan lagi. Angel Investor akan memberitahu kinerja kita pada teman-temannya,”tegas Thomas.  Ada berbagai macam modal yang kita peroleh dari Angel Investor, bisa dana segar,  bisa juga asset seperti kantor ataupun peralatan. Sehingga usaha yang dijalani dapat berkembang.

            Mengenai hasil, cara yang paling aman bermitra dengan Angel Investor adalah dengan berbagi keuntungan. Lakukan pembagian hasil ini secara legal untuk menghindar hal-hal yang tidak diinginkan. Pembagian hasil ini haruslah adil sesuai dengan berapa modal yang dikeluarkan. Bila kita menjalankan usaha dengan cara jujur maka usaha tersebut akan berjalan lancar. Melalui Angel Investor juga kita dapat berbagi resiko. Apabila kita mengalami kerugian, maka bukan kita sendiri yang mengalaminya, tetapi juga Angel Investor.n

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari