Tanggal Hari Ini : 21 Sep 2017 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
Rubrik : Ragam Bisnis Mikro
Kamis, 12 Mei 2011 19:19 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Hidup Segan
Mati Tak Mau
Menjalani usaha kecil,  dengan  membuka sendiri usaha jahit dan bordir tak selamanya menyenangkan. Namun ini harus dijalani oleh banyak orang karena ketiadaan pilihan. Untuk memasuki dunia kerja kadang usia sudah sangat tidak memungkinkan, apalagi pendidikan formalnya yang kadang hanya lulus SD atau SLTP, sebagian ada yang tamat hingga SMA.
Mereka berasal dari berbagai daerah, mengadu peruntungan. Ketrampilan yang dimiliki pun sangat terbatas. Jika tidak ada kemauan yang kuat dan keinginan untuk terus belajar serta usaha yang tak kenal lelah untuk mencari order pekerjaan, tidak mustahil banyak dari mereka yang tutup dan sudah menyerah.
Salah satu yang menyelamatkan mereka untuk tetap eksis adalah kemauannya untuk terus hidup dan berkembang. Mereka jatuh bangun, dan berupaya sendiri dengan segala kekuatan yang dimiliki, meskipun kadang sesekali mereka dihadapkan pada keadaan hidup segan mati tak mau.  
Tidak ada belas kasihan yang terlalu diharapkan. Baginya hidup adalah perjuangan. Di kesempatan tertentu, mereka kadang mengeluh dengan kebijakan pemerintah yang membuka kran impor pakaian-pakaian murah dari China, atau bobol dan gagalnya negara mencegah masuknya pakaian bekas ke Indonesia. Kebijakan-kebijakan itu jelas merugikan mereka, dan berdampak menghancurkan usaha penjahit kecil ini.

Mereka juga berharap, usahanya dilindungi, diberdayakan, layaknya negara melindungi warga negeranya. Awal tahun 90an mereka masih mengenyam kejayaan usaha jahit dan bordir, namun kini peluang dan keemasan usaha ini kian merosot.
Namun, mereka bukan tipe orang-orang yang mudah meyerah. 

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari